Fasilitas yang Harus Ada Dalam Paket Rafting Sungai Elo

paket rafting sungai elo

Sebelum mengambil paket rafting Sungai Elo yang ditawarkan oleh operator rafting, kamu harus melihat apa saja fasilitas yang ditawarkan. Pastikan operator tersebut sudah terjamin dan memiliki reputasi yang baik.

Pertama-tama kamu harus memastikan apakah perlengkapan saat melakukan rafting terjamin kualitasnya. Perlengkapan dasar yang harus ada dalam kegiatan rafting biasanya terdiri dari perahu karet, helmet, dayung dan pelampung. Selanjutnya alat kelengkapan lain seperti basecamp, tim profesional, asuransi, persediaan makanan dan retribusi lokal harus menjadi pertimbangan juga.

Cara Memilih Operator Rafting dengan Tepat

Ada banyak operator rafting yang menawarkan paket rafting Sungai Elo. Namun, tidak semuanya dapat dipercaya begitu saja. Karenanya, beberapa hal ini harus dilakukan dalam pemilihan operator rafting yang tepat.

  1. Survei Lokasi Terlebih Dahulu

Ini adalah hal pertama yang kamu harus lakukan. Kamu harus memeriksa sendiri bagaimana keadaan tempat yang ditawarkan pihak operator rafting. Selain itu, hal ini dapat membantu kamu untuk memastikan kesiapan operator dan seberapa terjaminnya fasilitas yang ditawarkan.

  1. Memastikan Perlengkapan Rafting Terjamin Kualitasnya

Saat melakukan survei ke lokasi, kamu juga harus memeriksa bagaimana kualitas perlengkapan yang akan dipakai saat rafting. Perhatikan betul apakah pelampung, perahu karet, dan helm terawat dengan baik serta masih memiliki kondisi yang sangat bagus dan layak pakai.

  1. Menawarkan Asuransi

Keselamatan jiwa adalah hal terpenting nomor satu saat melakukan rafting. Maka dari itu, kamu harus memilih operator rafting yang memberikan asuransi jaminan keselamatan saat melakukan rafting. Jangan dianggap sepele hal seperti ini, karena bagaimanapun kamu tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya.

  1. Memiliki Tim yang Profesional

Untuk melakukan rafting, tentunya diperlukan pemandu yang kompeten di bidangnya. Terlebih lagi kamu adalah seorang pemula yang baru mengenal rafting. Seorang pemandu tersebut harus jelas dalam memberikan arahan, paham dalam menghadapi keadaan genting serta mampu memimpin kegiatan rafting.

Tidak hanya pemandu saja, tim lainnya seperti tim rescue, tim darat P3K, tim dokumentasi, atau bagian administrasi dalam sebuah operator rafting harus handal di bidangnya juga. Adanya tim yang profesional akan lebih memberikan tingkat jaminan keselamatan dan kenyamanan yang tinggi.

  1. Melakukan SOP dengan Baik

Sekalipun kamu hanya ingin melakukan rafting di kawasan Sungai Elo yang memiliki aliran arus lambat, SOP tetap harus dilaksanakan secara benar mengikuti standar yang telah diberlakukan. Kegiatan rafting di Sungai Elo juga membutuhkan jaminan keselamatan yang tinggi. Terlebih lagi kamu mengajak keluarga atau rekan yang belum pernah sekalipun melakukan rafting.

  1. Mempunyai Basecamp

Rafting adalah kegiatan yang akan cukup menguras tenaga sehingga kamu memerlukan tempat untuk beristirahat. Salah satu ciri operator rafting yang bagus adalah menyediakan basecamp yang dapat ditempati para peserta rafting. Terlebih lagi jika basecamp tersebut menyediakan area parkir yang luas, gazebo, mushola, toilet dan tempat penitipan barang.

  1. Tidak Terpatok dengan Harga yang Murah

Kamu boleh saja memilih penawaran paket rafting Sungai Elo dengan harga yang murah. Apalagi jika ada yang memberikan potongan harga. Namun, jangan terlalu tergiur dengan hal tersebut dan sampai melupakan kualitas dari perlengkapan dan fasilitas yang ditawarkan. Jangan sampai gara-gara harga kamu mengorbankan keselamatan dan kenyamanan saat rafting yang tentunya akan merepotkan kamu sendiri.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Rafting

Sebelum membeli paket yang ditawarkan oleh operator rafting, kamu harus mempelajari terlebih dahulu apa saja yang harus dihindari saat melakukan rafting seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Salah dalam Pemilihan Jalur Rafting

Olahraga rafting biasanya membagi beberapa jalur rafting sesuai dengan tingkat kesulitannya. Di kawasan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi D.I. Yogyakarta itu sendiri terdapat jalur rafting yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu Sungai Elo, Sungai Progo Atas, Sungai Progo Hulu dan Sungai Progo Bawah. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan rintangan yang berbeda-beda.

Jika kamu salah dalam memilih jalur tentu akan membahayakan diri kamu sendiri. Untuk pemula dan anak-anak mengambil paket rafting Sungai Elo adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Sungai Elo memiliki aliran arus yang lambat serta sedikit rintangan.

  1. Penggunaan Pakaian yang Tidak Sesuai

Jika kamu menggunakan celana jeans panjang, perhiasan di tubuh, sepatu converse, serta baju yang mudah menyerap air, sebaiknya harus segera diganti saat akan melakukan rafting. Hal ini dikarenakan outfit yang digunakan tersebut akan mengurangi rasa nyaman kamu.

Untuk celana kamu dapat menggantinya dengan celana pendek atau legging bagi perempuan. Selanjutnya pilihlah baju yang terasa nyaman dipakai dan memiliki bahan yang susah menyerap air. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan sandal gunung untuk melapisi alas kaki.

  1. Memaksakan Diri Ikut Rafting dengan Keadaan Tubuh yang Tidak Fit

Kamu yang merasa sedang tidak enak badan lebih baik istirahat di rumah daripada melakukan rafting. Hal ini dikarenakan adanya kebutuhan tenaga yang besar saat melakukan rafting. Jika kamu memaksakan diri, kamu dapat memperparah kondisimu dan kemungkinan akan pingsan. Kamu juga akan merepotkan anggota kelompok lainnya.

  1. Panik Saat Jatuh ke Sungai

Jatuh ke sungai saat melakukan rafting adalah hal yang biasa terjadi. Jika kamu merasa panik itu hanya akan memperlambat tim untuk menolong kamu naik ke perahu kembali. Kamu seharusnya yakin bahwa perlengkapan yang dikenakan dapat membantu dan tetap berkonsentrasi untuk mendengarkan arahan yang diberikan.

  1. Terlalu Sibuk dengan Kamera

Zaman sekarang mengabadikan momen dan membagikannya ke ruang media sosial adalah hal yang menyenangkan. Namun, jika kamu terlalu sibuk mengoperasikan kameramu saat melakukan rafting, kamu bisa lupa akan arahan pemandu dan bisa jatuh ke sungai.

Alasan Kenapa Rafting dapat Memberikan Manfaat

Setelah kamu telah mempelajari hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil Paket rafting Sungai Elo, kamu harus tahu manfaat apa yang akan diterima saat melakukan rafting. Dengan begitu kamu dapat dengan mantap untuk mencoba olahraga rafting.

Rafting ternyata dapat melatih pembentukan kepribadian agar menjadi lebih baik. Pertama-tama, kegiatan ini akan mengajarkan kamu betapa pentingnya kerja sama tim. Kamu akan terlambat mencapai garis finish jika antar anggota tidak memiliki visi dan misi yang sama. Selain itu, kepercayaan diri dan keberanian dapat terbentuk juga.

Di bagian kesehatan, rafting tentunya dapat memberikan manfaat juga. Diantaranya adalah dapat menyehatkan paru-paru dan jantung, mengencangkan  otot dan menghilangkan stres.

Berdasarkan penjelasan di atas kamu mungkin sudah mengerti apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengambil paket rafting sungai elo. Telah dijelaskan juga bagaimana kriteria operator rafting yang bagus. Wisatarafting.com memiliki semua kriteria yang telah disebutkan. Kamu dapat melihatnya secara detail pada website ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *