Perlengkapan yang Digunakan dalam Kegiatan Rafting Sungai Elo

 

Rafting adalah salah satu olahraga air yang cukup menantang. Diperlukan beberapa sarana dan perlengkapan yang tentunya bertujuan untuk menjamin keselamatan para peserta. Operator rafting yang bagus wajib untuk memenuhi kebutuhan para peserta yang akan mengikuti rafting Sungai Elo. Perlengkapan atau sarana yang harus disiapkan dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

rafting sungai elo, wisata rafting magelang

  1. Rafting Kit

Rafting kit adalah perlengkapan yang digunakan saat akan menempuh perjalanan ketika rafting. Diantaranya ada perahu berbahan karet, helmet, pelampung serta dayung. Semua perlengkapan telah teruji dan dipastikan keamanannya sebelum melakukan kegiatan.

  1. Transportasi Lokal

Transport lokal inilah yang nanti akan mengantar dan menjemput para peserta saat berada di Start Poin dan Finish Point saat akan melakukan rafting. Hal ini membuat kamu tidak perlu khawatir jika ada perasaan takut tersesat. Dalam rutenya, rafting akan dimulai dari Desa Pare Ngisor Blondo menuju Desa Mendut Mungkid.

  1. Pemandu dan Tim Rescue

Pemandu dan tim rescue inilah yang nanti akan ikut serta menemani kamu dalam perjalanan. Mereka telah terlatih secara profesional sehingga tidak perlu khawatir saat melakukan rafting sungai elo.

  1. Makanan dan Minuman

Rafting adalah olahraga yang berat sehingga dibutuhkan makanan serta minuman untuk mengisi energi. Apalagi saat di siang hari setelah melakukan perjalanan, kamu tentu merasa lapar dan ingin memakan sesuatu untuk mengisi ulang energi yang terkuras.

  1. Sebuah Basecamp

Kenyamanan dan keamanan para peserta harus terjamin. Operator biasanya mempunyai basecamp yang dilengkapi tempat mandi, tempat penitipan barang, area parkir, gazebo, mushola atau tempat pancing gratis.

Persiapan Sebelum Melakukan Rafting Sungai Elo

Rafting ini tergolong ke dalam olahraga berat. Kamu perlu menyiapkan beberapa hal di bawah ini demi menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam melakukan rafting bersama keluarga, teman, atau rekan lainnya.

  1. Mengonsumsi Makanan dan Simpan Energi Sebelum Melakukan Rafting

Makanan adalah sumber energi bagi manusia. Sebelum melakukan rafting, kamu harus makan paling tidak 2-3 jam sebelum kegiatan dilaksanakan. Ini dilakukan agar kamu penuh dengan energi dan tidak merasa mual saat mengarungi arus sungai.

  1. Pastikan Tubuh Harus dalam Kondisi yang Sangat Baik

Sebelum ikut kegiatan rafting, harus dipastikan tubuh kamu dalam keadaan yang sehat dan fit. Hal ini dikarenakan kegiatan akan dilakukan di atas arus sungai yang dingin dan memerlukan tenaga untuk menggerakkan perahu. Jangan terlalu memaksakan diri jika sedang merasakan kondisi fisik yang tidak baik agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebaiknya malam sebelum kegiatan rafting dimulai, kamu harus tidur tepat waktu agar kondisi tubuh pada keesokan harinya menjadi lebih fresh dan tidak mengantuk. Jangan lupa juga untuk memeriksa kembali segala keperluan yang akan dibawa.

  1. Mengaplikasikan Sunblock pada Tubuh

Rafting diadakan di daerah yang terbuka. Meskipun dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sinar matahari tetap dapat mengenai kulit kamu. Hal ini mewajibkan peserta untuk mengaplikasikan sunblock pada tubuh dan wajah agar dapat mencegah sinar matahari merusak kulit.

  1. Mendengarkan Arahan dari Pemandu dengan Seksama

Khusus kamu yang baru akan mencoba untuk melakukan rafting sungai elo, kamu harus mendengarkan arahan dari pemandu sebelum memulai kegiatan. Ada beberapa panduan yang akan diarahkan seperti bagaimana cara memegang dayung atau menggerakkan dayung.

Jangan abaikan arahan saat menjelaskan cara mendayung karena ada teknik tertentu untuk menghindari terjadinya cidera. Saat memberikan arahan akan dilakukan sekalian pengecekan kelengkapan atribut yang akan digunakan saat rafting.

  1. Cari Tahu Hal-hal Dasar tentang Rafting

Meskipun tetap akan ada arahan dari pemandu, tidak ada salahnya kamu mencari tahu sendiri tentang rafting. Kamu bisa mencarinya melalui internet. Paling tidak, setelah kamu tahu terlebih dulu, kamu sudah cukup familier dan mempermudah untuk memahami arahan dari pemandu.

  1. Siapkan Pakaian Ganti

Saat rafting, kamu sebaiknya mengenakan baju yang tidak mudah menyerap air. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penurunan suhu yang disebabkan oleh rasa dingin akibat dari baju yang terkena air. Penurunan suhu itu sendiri akan memberikan dampak buruk yaitu tenaga menjadi cepat terkuras.

Kita tidak bisa menghindar saat percikan air sungai mengenai baju kita. Maka dari itu, meskipun telah menggunakan baju yang susah untuk menyerap air, kamu tetap harus membawa pakaian ganti.

  1. Jangan Lupa untuk Buang Air Terlebih Dahulu

Kamu akan melakukan perjalanan kegiatan rafting selama 2-3 jam. Perahu tidak akan menepi selama kegiatan berlangsung. Maka dari itu, sebelum rafting ada baiknya kamu buang air terlebih dahulu.

  1. Beritahukan Jika Tidak Bisa Berenang

Mengikuti rafting sungai elo memang tidak memerlukan kemampuan khusus. Kamu akan diarahkan dengan jelas dan tentunya kegiatan ini cocok untuk pemula. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kamu memberi info kepada pemandu bahwa kamu tidak bisa berenang. Dengan begitu, pemandu bisa lebih mengawasi kamu saat melakukan rafting.

  1. Lakukan Perenggangan Tubuh Sebelum Melakukan Rafting

Seperti kegiatan olahraga lainnya, saat akan melakukan rafting, kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar otot menjadi lebih rileks dan memperkecil kemungkinan terjadinya cidera. Terlebih lagi rafting ini adalah olahraga berat yang membutuhkan dorongan energi dari seluruh tubuh.

Banyak gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menjinjitkan kaki sambil mengangkat tangan ke atas sampai dengan latihan menggerakkan leher ke kiri dan ke kanan. Gerakan bebas sesuai dengan kemampuanmu. Ingat juga, setelah rafting, jangan lupa untuk lakukan pendinginan.

  1. Pastikan Peralatan yang digunakan Nyaman

Semua perlengkapan telah disediakan oleh operator rafting. Kamu bisa memilih sendiri mana yang nyaman untuk kamu pakai. Pilihlah pelampung dan helmet yang sesuai dengan ukuran kamu. Selanjutnya, sandal gunung adalah alas kaki yang paling pas untuk melakukan rafting.

  1. Siapkan P3K Milik Pribadi

Operator rafting biasanya telah menyiapkan tim khusus untuk menyediakan perlengkapan P3K. Namun, kamu tetap harus menyiapkan keperluan P3K kamu sendiri. Apalagi jika kamu memang memiliki fisik yang memerlukan obat-obatan tertentu.

  1. Simpan Peralatan Elektronik

Operator rafting yang baik biasanya menyediakan basecamp untuk para peserta. Basecamp inilah yang nantinya akan dijadikan tempat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para peserta salah satunya dapat menjadi penitipan barang. Barang elektronik memang sebaiknya jangan dibawa saat menempuh perjalanan untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat terkena air.

Itulah 12 persiapan yang harus kamu ketahui sebelum melakukan rafting sungai elo. Lebih dari itu, pemilihan operator rafting yang tepat juga harus dimaksimalkan demi kenyamanan kamu sendiri. Contoh Salah satu operator rafting yang tepat adalah Wisaatarafing.com karena memiliki fasilitas lengkap berupa rafting kit, transportasi, basecamp, tim pemandu dan tim rescue serta perlengkapan lainnya yang bisa kamu akses lihat melalui website ini.

 

 

 

 

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *